Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pontianak Siap Sambut Jokowi dan Rayakan HUT RI dengan Karnaval Khatulistiwa

Kompas.com - 14/08/2015, 19:42 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ke Kalimantan Barat untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 pada tanggal 22 Agustus 2015 mendatang. Jokowi rencananya akan membuka Karnaval Khatulistiwa dalam rangkaian peringatan HUT RI yang akan dipusatkan di Sungai Kapuas, Pontianak.

Informasi kedatangan Jokowi dipastikan oleh Gubernur usai memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (14/8/2015). Kepastian tersebut diungkapkan Cornelis ketika dirinya menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden di Istana Negara beberapa waktu yang lalu. (Baca juga: Jokowi Akan Hadiri Karnaval Khatulistiwa di Pontianak)

“Kemarin di Jakarta beliau bisik-bisik sama saya sambil salaman, katanya beliau akan datang ke Kalbar" kata Cornelis, Jumat (14/8).

Pontianak sebagai Ibukota Kalimantan Barat akan menjadi lokasi puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik ke-70 dengan tajuk Karnaval Khatulistiwa. Acara ini akan memadukan karnaval darat dan laut yang diselenggarakan 22 Agustus mendatang.

Titik awal untuk acara karnaval darat akan dimulai dari halaman depan kantor Gubernur Kalbar di Jalan Ahmad Yani, dan berakhir di Taman Alun Kapuas. Selanjutnya Presiden Joko Widodo akan dibawa ke Masjid Jami dan melepas para peserta karnaval air. Khusus untuk karnaval air, akan melibatkan seluruh potensi transportasi air yang ada di Kalbar.

“Mulai dari kapal klotok sampai dengan perahu kecil akan ikut terlibat. Semua instansi yang memiliki kapal juga akan ikut serta, mulai dari TNI AL sampai dengan Bea Cukai, juga akan ikut serta, diperkirakan jumlah yang akan ikut bisa mencapai ribuan,” ucap Cornelis.

Acara Karnaval Khatulistiwa rencanananya akan dilaksanakan dengan meriah. Namun, di balik kemeriahan tersebut, Cornelis meminta agar biaya yang dikeluarkan tidak boros. “Kalau bisa diselenggarakan dengan meriah, tetapi tidak boros,” ujarnya.

Kabid Humas Pemprov Kalbar, Numsuan Madsun mengatakan, terpilihnya Pontianak salah satunya untuk mengembangkan potensi wisata air yang sudah dicanangkan oleh Bapenas. Pontianak juga akan menjadi daerah yang ditunjuk pertama kali sejak Indonesia merdeka dirayakan di luar Jakarta.

Dalam karnaval tersebut rencananya seluruh provinsi di Indonesia akan ikut ambil bagian. Selain itu, 14 kabupaten/kota yang ada di Kalbar juga turut memeriahkan kegiatan tersebut. Bahkan, desain kendaraan yang akan mengikuti karnaval akan dibuat khusus.

"Kurator asal Singapura sengaja didatangkan untuk mendesain kendaraan-kendaraan yang akan ikut serta dalam karnaval", kata Numsuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com