Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tol Laut Lampung-Surabaya Beroperasi Kembali

Kompas.com - 10/08/2015, 09:32 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Mutiara Persada III pemberangkatan Lampung ke Surabaya, Jawa Timur, kini beroperasi kembali. Kapal tersebut sebelumnya sempat mengalami insiden mati mesin dalam perjalanan. Akibatnya para penumpang dipindahkan ke Pelabuhan Merak, Banten.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang Bandarlampung Pieter Fina, Senin (10/08/2015) KMP Mutiara Persada III telah diberangkatkan ke Pelabuhan Tanjungperak pada pukul 01.45 WIB kemarin. "Dengan muatan 57 unit mobil dan 115 orang penumpang," kata dia.

Diharapkan kapal tersebut selamat sampai tujuan. Sebelumnya KMP Mutiara Persada III tidak beroperasi karena mengalami kerusakan, kemudian oleh pihak PT Atosin pengelola tol laut Lampung-Surabaya diganti dengan kapal lain. Namun tidak lama beroperasi, kapal pengganti itu pun rusak, karena kelebihan muatan.

Pada bulan Mei 2015, Tol Laut Lampung-Surabaya diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan satu unit kapal yang beroperasi. Dibukanya tol laut tersebut bertujuan untuk mempersingkat jarang tempuh Lampung-Surabaya. Namun jalur tersebut belum terlalu diminati oleh masyarakat, karena penyeberangan itu baru dibuka sekali dalam seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com