Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Gamalama Masih Semburkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 21/07/2015, 16:19 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, masih menyemburkan abu vulkanik hingga Selasa (21/7/2015) pagi. Namun, status gunung itu tetap waspada.

"Memang sekitar pukul 08.15 WIT masih terjadi semburan abu vulkanik yang mengarah ke barat laut," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane, di Ternate.

Selain itu, semburan abu vulkanik setinggi 300 meter dari kawah gunung itu masih mengarah ke sekitar empat kelurahan di wilayah Kecamatan Pulau Ternate.

Dia mengatakan, gempa embusan terus terjadi dengan amplitude 0,5-1,5 mm dengan delapan kali gempa embusan disertai satu gempa vulkanik setempat dalam amplitudo 17 mm, sp 0,83 detik dengan lama gempa berkisar 6,47 detik.

Menurut Darno, pihaknya juga mencatat Gunung Gamalama telah terjadi gempa tektonik dengan lima kali gempa dengan lama 27.00-87.00 detik dengan lama kegempaan 170.69 detik.

Selain itu, embusan asap putih tebal sampai kelabu tebal dengan tekanan lemah di atas puncak Gunung Api Gamalama lebih condong ke arah utara sampai ke barat laut sehingga diprediksi tidak sampai di wilayah Kota Ternate serta di sekitar kawasan Bandara Sultan Baabullah.

Hal tersebut sesuai dengan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Ternate yang memprediksi pusat Kota Ternate, dalam beberapa hari ke depan aman dari abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama karena arah angin menuju ke barat laut.

Pusat Kota Ternate berada di sebelah timur Gunung Gamalama, jadi abu vulkanik Gunung Gamalama tidak akan jatuh di pusat Kota Ternate karena arah angin bertiup ke barat laut hingga ke arah timur selatan laut.

Namun demikian, aktivitas penerbangan dari dan ke Bandara Baabullah Ternate tidak terpengaruh dengan adanya semburan abu vulkanik yang terjadi pada Selasa pagi ini.

Kepala Unit Pelaksana Penyelenggara Bandar Udara Sultan Baabullah Ternate Rasburhany membenarkan kalau aktivitas di Bandara Baabullah Ternate tetap berjalan normal, meskipun masih terjadi semburan abu vulkanik dari kawah Gunung Gamalama pada Selasa pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com