Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jokowi Pilih Pasar Notoharjo untuk Motivasi Kepala Daerah yang Lain"

Kompas.com - 18/07/2015, 14:09 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Selama tiga hari, Presiden Joko Widodo berencana menghabiskan liburan Lebaran bersama keluarga dan warga Kota Solo. Salah satu agenda kegiatan Jokowi adalah berbagi rezeki dengan pedagang di Pasar Notoharjo, Sabtu (18/7/2015) siang.

Pasar Notoharjo atau sering disebut Pasar Klitikan oleh warga Solo memiliki kenangan khusus bagi Jokowi. Saat terpilih sebagai Wali Kota Solo pada tahun 2005, Jokowi memprioritaskan untuk merelokasi 989 pedagang barang bekas di Taman Monueman 45 Banjarsari ke lokasi baru di Semanggi.

Relokasi pedagang kaki lima tanpa ada penggusuran dengan kekerasan membuat nama Jokowi dan FX Hadi Rudyatmo, wakilnya saat itu, mendunia. Menurut Rudy, hal tersebut menjadi pertimbangan Jokowi memilih lokasi ini untuk acara pembagian sembako gratis pada Lebaran tahun ini.

"Tadi sudah beliau ungkapkan juga, bahwa ini adalah napak tilas, mengingatkan kembali, bahwa Pak Jokowi mulai bekerja yaitu merelokasi PKL. Lah alasannya apa memilih lokasi ini, karena satu, untuk memotivasi kepala daerah yang lain agar mengedepankan rasa kemanusiaan dalam merelokasi PKL. Yang kedua, melakukan evaluasi kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Rudy.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi dan Iriana, membagikan 2.000 paket sembako, buku dan uang Rp 100.000 kepada pedagang dan warga di Pasar Notoharjo. Selain di Solo, Jokowi juga akan melakukan hal yang sama di Desa Giriroto, Boyolali, Jawa Tengah pada hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com