Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Para Sopir "Travel" Atasi Kantuk

Kompas.com - 14/07/2015, 12:59 WIB
Angger Putranto

Penulis

BAKAUHENI, KOMPAS.com — Tradisi mudik Lebaran menjadi berkah bagi para sopir travel. Bila hari biasa mereka mengangkut penumpang dua hari sekali, kini mereka bisa dua kali pergi pulang dalam satu hari.

Namun, kantuk kerap menjadi hambatan terbesar bagi para sopir yang harus mengantarkan pemudik ke berbagai tempat tujuan. Beragam cara dilakukan para sopir untuk melawan musuh terbesar itu.

"Saya terpaksa tidak puasa karena nyamil makanan ringan jadi obat kantuk paling mujarab. Kalau sudah ngantuk, ngunyah jajanan yang pedas-pedas saja, nanti ngantuk-nya berkurang," ujar sopir travel Bakauheni-Bandar Lampung, Amaluddin (43), Selasa (14/7/2015).

Hampir serupa dengan Amaluddin, sopir travel Bakauheni-Pringsewu, Iwan, memilih minum minuman ringan. "Minum aja yang kecut-kecut, mata langsung melek. Dulu saya minum kopi biar tidak mengantuk, tetapi karena sudah terlalu sering minum kopi, sekarang sudah tidak ada efeknya," ujar dia.

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Komisaris Besar Syamsyu Riyani Darusallam mengatakan, salah satu faktor tertinggi penyebab kecelakaan adalah kondisi fisik sopir yang tidak fit. "Jangan memaksakan fisik. Istirahat yang cukup agar tidak mengantuk. Tidurlah minimal satu jam setelah menyetir lima jam. Kita semua ingin mudik yang aman dan nyaman," ujar dia.

Dalam masa mudik kali ini, sopir travel benar-benar mendapat rezeki. Tidak hanya mendapat banyak penumpang, tarif jasa mereka juga meningkat dari hari-hari sebelumnya. Rute Bakauheni-Pringsewu, misalnya, hanya Rp 65.000 pada hari biasa, lalu naik menjadi Rp 90.000 pada masa Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com