Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Polsek di Sepanjang Jalur Mudik "Disulap" Jadi "Rest Area"

Kompas.com - 11/07/2015, 16:48 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Asep Saepudin menyatakan, setiap kantor Polsek yang lokasinya berada di sepanjang jalur mudik di wilayahnya bisa jadikan sebagai rest area pemudik yang melewati jalur Selatan via Gentong.

Sehingga kepada para pemudik yang kelelahan tak perlu sungkan untuk berhenti ikut beristirahat di kantor polisi. “Seluruh kantor Polsek di sepanjang jalur Gentong sampai ke Tasikmalaya yang lokasinya di pinggir jalan bias dijadikan Rest Area bagi para pemudik. Jadi kepada para pemudik jangan sungkan ikut beristirahat di kantor polisi,” kata Asep saat dihubungi, Sabtu (11/7/2015).

Asep menambahkan, jalur Selatan via Gentong, Tasikmalaya, diprediksi masih akan tetap ramai digunakan oleh para pemudik nantinya meski terdapat tol baru Cipali. Soalnya, ada beberapa daerah di Jawa Barat Selatan yang tak bisa dilalui oleh jalur tol terpanjang di Indonesia tersebut.

Seperti pemudik tujuan ke daerah Garut, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis dan Pangandaran dapat dipastikan masih akan menggunakan jalur Selatan Garut dan Tasikmalaya. “Tetap akan diprediksi ramai, meski ada Tol Cipali. Soalnya pemudik ke arah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran masih melalui jalur non Tol,” kata Asep.

Masih sepi
Sampai H-6 sekarang ini, menurut Asep, jalur yang biasanya dipadati pemudik sejak H-7 ini belum terlihat lonjakan kendaraan pemudik. Lalu lintas masih terlihat lancar dan tak ada spot kemacetan sepanjang jalur mudik Selatan Tasikmalaya via Gentong.

Meski beberapa kendaraan pemudik bernomor polisi luar kota sudah bermunculan dan masih memakai jalur Selatan Tasikmalaya ini. “Sampai sekarang masih belum terlihat ada lonjakan kendaraan pemudik di jalur ini,” kata Asep.

Sesuai pengamatan Kompas.com di sepanjang jalur Gentong arah Ciamis dan Banjar, sampai sore ini terlihat arus lalu lintas masih lancar. Hanya terlihat ada sesekali rombongan pemudik kendaraan roda dua saja melintas ke jalur Selatan Tasikmalaya. Kondisi ini diduga kerena pemudik roda dua masih memakai jalur ini, akibat tak bisa masuk ke Jalur Tol Cipali yang baru dipakai pemudik musim Lebaran tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com