Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Masih Keluarkan Lava Pijar

Kompas.com - 05/07/2015, 16:19 WIB


SITUBONDO, KOMPAS.com
- Gunung Raung di Jawa Timur kembali mengeluarkan lava pijar di puncak kawah disertai dengan suara gemuruh pada Minggu (5/7/2015). Asap putih kelabu yang tebal dengan ketinggian 100-400 meter terlihat di puncaknya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan suara gemuruh tersebut berasal dari letusan yang terjadi secara terus-menerus.

"Terdengar suara gemuruh lemah hingga sedang. Suara gemuruh disebabkan kawahnya dalam dan luas sehingga menggema. Aktivitas tremor vulkanik Gunung Raung masih terus berlangsung," jelas Sutopo dalam keterangan melalui pesan singkat.

Asap putih tersebut mengarah ke bagian tenggara Gunung Raung. Hujan abu tipis terpantau di wilayah Bandara Blimbingsari dan di Kecamatan Songgon dan Sempu Kabupaten Banyuwangi, tetapi tidak menganggu aktivitas penerbangan.

Hujan abu juga terjadi di Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih dan Desa Bantal Kecamatan Asembagus Situbondo.

Sebelumnya maskapai Australia Jetstar membatalkan semua penerbangan dari Australia ke Bali dan rute sebaliknya setelah Gunung Raung menunjukkan peningkatan aktivitas sejak Senin (29/6/2015).

Pusat Vulkanologi dan Mitigaasi Bencana Geologi PVMBG menetapkan status siaga III untuk Gunung Raung dan melarang masyarakat beraktivitas dalam radius 3 km karena berpotensi terkena material letusan.

Meski demikian, masyarakat belum perlu mengungsi dan masih dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Upaya antisipasi dilakukan dengan membagikan masker dan juga menyiapkan sejumlah langkah kesiagaan, antara lain mendirikan posko di Desa Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com