Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Kencana Kirab Kemenangan Jokowi Kini Dipakai Gibran-Selvi

Kompas.com - 11/06/2015, 08:41 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Kamis pagi (11/6/2015), sekitar pukul 05.30 WIB, Jalan di Sidoluhur, Solo, Jawa Tengah, yang biasanya masih sepi, mendadak menjadi perhatian warga. Pusat perhatian warga adalah dua kereta kencana yang disediakan untuk putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan pasangannya, Selvi Ananda.

Dua kereta kencana itu pun menjadi ajang foto selfie warga. Ratih, salah satu warga, menjelaskan alasannya menyempatkan diri untuk berfoto di depan kereta kencana. "Pasti nanti enggak bisa masuk, wong enggak dapat undangan, ya sekarang saja, mumpung gampang," kata Ratih.

Tidak hanya warga, para pekathik (pengurus kuda) dan kusir juga tidak menyia-nyiakan kesempatan berfoto bersama setelah persiapan menghias kereta selesai.

Empat ekor kuda dan dua kereta kencana itu juga pernah digunakan Jokowi untuk kirab saat menang dalam pemilihan presiden beberapa waktu lalu. Dua kereta itu bakal mengantar kedua mempelai ke acara ijab kabul di Gedung Graha Sabha.

Empat ekor kuda itu bernama Puteri Istana, Srikandi, Aura, dan Agustin. Pukul 06.30 WIB, kereta tersebut berangkat menuju kediaman kedua mempelai di Sumber, Solo.

Hari ini, sekitar pukul 09.00 WIB, akan dilangsungkan ijab kabul, yang kemudian dilanjutkan  dengan acara resepsi hingga malam hari. Resepsi akan dibagi menjadi beberapa sesi. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com