Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Kayu Penuh Penumpang Dikabarkan Tenggelam di Selat Makassar

Kompas.com - 10/06/2015, 22:25 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Kapal Motor Titian Muhibah dengan penumpang yang diperkirakan lebih dari 65 orang dikabarkan tenggelam di Selat Makassar, Rabu (10/6/2015) sekitar pukul 00.00. Penyebab kecelakaan ini belum diketahui.

Pihak Kantor SAR Balikpapan mengabarkan, puluhan penumpang selamat dalam kejadian ini.

"Untuk sementara, kami mendapat kabar 65 orang selamat. Sementara itu, satu orang di antaranya dikabarkan mengalami luka terbuka, tetapi dalam kondisi baik," kata staf radio Basarnas, Husman, saat menemani Kepala Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mujiono.

Husman mengungkapkan, korban diselamatkan kapal perang Amerika Serikat, USS Rushmore, yang kebetulan berada tidak jauh dari lokasi. "Rushmore baru saja dari Manado untuk melakukan kegiatan sosial di sana," kata Husman.

Kapal Motor (KM) Titian Muhibah, kata Husman, merupakan kapal motor yang terbuat dari kayu dan mengangkut penumpang. Kapal ini dalam perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Laut di Kota Bontang, Kalimantan Timur, menuju Mamuju, Sulawesi Barat, saat mengalami musibah.

KM Titian Muhibah bertolak dari Bontang pada Senin (8/6/2015) pukul 13.30. Musibah terjadi dua hari kemudian saat Rabu dini hari sekitar pukul 00.00.

Pihak Kantor SAR Balikpapan kini berupaya mendatangi korban yang berada sekitar 210 kilometer dari Balikpapan.

"Basarnas menurunkan Rescue Boat 215 Balikpapan. Kira-kira pukul 12.00 sudah tiba (di USS Rushmore)," kata Husman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com