Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Anak-anak dan Perempuan Rohingya yang Terdampar di Aceh

Kompas.com - 17/05/2015, 18:26 WIB


Uruzonot, seorang anak etnis Rohingya yang belum genap berusia dua tahun tampak gembira bermain bersama kakaknya Mohamad Riyas (3) di tempat pengungsian di Pelabuhan Kuala Langsa, Aceh.

Sementara kakak tertua mereka Arizan Fatimah (7), tak berhenti tersenyum setelah menerima pemberian rok berwarna pink bergambar putri dari film kartun Disney.

Ibu mereka Zuhrakhatun (25) mengatakan ia sedikit lega. Anak-anaknya tampak lebih gembira setelah sampai di Aceh.

"Anak-anak selalu menangis dan tidak nyaman," ujarnya saat mengisahkan pengalaman di perjalanan dengan kapal yang membawa mereka dari Myanmar.

Diancam dibuang ke laut

Mereka bertolak dari Myanmar bulan lalu untuk menyusul suaminya yang sejak dua tahun lalu bekerja di Malaysia. Selama dalam perjalanan dia mengaku anak-anaknya sering mendapatkan ancaman dari kru kapal.

"Kami tidak cukup makan dan minum dan ketika meminta makan, kapten mengancam akan membuang mereka ke laut.”

Kapal mereka sempat ditolak masuk Angkatan Laut Indonesia dan Malaysia ketika masuk ke perbatasan kedua negara. Selama empat hari mereka terombang-ambing di lautan dalam kapal yang sudah ditinggal oleh kaptennya.

Kini mereka menempati sebuah gudang di pelabuhan yang dijadikan tempat pengungsian. Di depan gudang didirikan tenda untuk pos kesehatan.

Di dalam tenda tampak Rukiah Hatu (20) terus tersenyum setelah kembali bertemu dengan bayinya Muhamad Mahi yang berusia empat bulan, yang sempat hilang sejak semalam. Pada Jumat pagi, Rukiah sempat menangis histeris mencari anaknya.

Petugas posko kesehatan mengatakan Mahi sempat dibawa oleh penduduk ketika proses evakuasi terhadap pengungsi berlangsung sejak Jumat pagi.

Penjagaan tempat pengungsian pun tampak diperketat untuk menghindari kejadian serupa.

Menurut data sementara pos pengungsian di Kota Langsa, jumlah anak-anak pengungsi mencapai 63 orang dan 76 perempuan.

Konflik di kampung halaman

Perempuan dan anak-anak Rohingya yang hampir mencapai jumlah 140 orang ini merupakan kelompok pengungsi kedua yang terdampar di Aceh. Sebelumnya ratusan pengungsi Rohingya tiba di Aceh bagian utara pada Minggu (10/5/2015).

Mereka kini menempati tiga bangunan di Tempat Pelelangan Ikan Kuala Cangkoy, Aceh Utara.

Di lokasi pengungsian ini, salah satunya adalah Umahay (25), yang kehilangan suami dan tiga anaknya dalam konflik di Rakhine, Myanmar. Dia mengatakan akan menerima risiko perjalanan melalui lautan untuk bertemu dengan ayah dan saudara laki-lakinya yang berada di Malaysia.

"Lebih baik saya meninggal di laut daripada di kampung halaman tidak ada yang dapat saya kerjakan," tegasnya. "Dan saya selalu teringat anak-anak saya."

Ribuan orang pengungsi diperkirakan masih berada di perairan setelah berangkat dari Thailand, di antaranya merupakan perempuan dan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com