Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Listrik Padam, Peserta UN "Online" Bawa Laptop Sendiri

Kompas.com - 13/04/2015, 16:35 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Meski panitia pelaksana ujian nasional via online di Polewali Mandar telah menyiapkan perangkat jaringan internet dan komputer, para siswa tetap membawa laptop sendiri ke ruangan ujian, Senin (13/4/2015). Hal itu untuk mengantisipasi jika listrik padam atau gangguan server.

Seperti yang dilakukan peserta UN online di SMK YPPP Wonomulyo. Mereka mengaku pakai laptop lebih menjamin ketimbang menggunakan komputer yang arus listriknya kerap tidak stabil. Perangkat komputer yang telah dipasang panitia didudukkan berdampingan dengan laptop milik siswa di atas meja.

“Para siswa membawa laptop sendiri karena khawatir jaringan listrik yang tidak stabil mengganggu tampilan layar. Di komputer, menggunakan laptop dinilai lebih aman meski listrik padam,” ujar Kepala SMK YPPP Wonomulyo Polewali Mandar Muh Thalib saat memantau jalannya UN Bahasa Indonesia untuk hari pertama, Senin.

Menurut Muh Thalib, pelaksanaan UN berbasis komputer pada hari pertama berlangsung sukses. Karena fasilitas jaringan internet terbatas, UN online dibagi dalam tiga tahap. Thalib optimistis sekolahnya tak menemui kendala pada UN hari berikutnya lantaran sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com