Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa di Mamasa Menyalakan 1.000 Lilin untuk Hadapi UN

Kompas.com - 12/04/2015, 15:26 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMASA, KOMPAS.com - Untuk memantapkan kesiapan mental dan psikiologi dalam menghadapi ujian nasional yang digelar serentak pada Senin (13/4) besok, ratusan siswa peserta UN di SMA Negeri I Mamasa, Sulawesi Barat, menggelar aksi menyalakan 1.000 lilin sambil menggelar ritual ibadah di aula sekolah mereka, Minggu (12/4/2015).

Para siswa juga menggeloar aksi teaterikal untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi ujian yang selalu menjadi momok menakutkan bagi siswa setiap tahunnya.

Sebelum ritual ibadah digelar, panitia pelaksana UN di sekolah tersebut terlebih dahulu membagikan kartu ujian kepada setiap peserta, agar para siswa nantinya bisa mencari ruangan tempat mereka mengikuti UN Senin besok. Ibadah diakhiri dengan menghimpun sumbangan dari setiap peserta UN untuk disumbangkan kepada keluarga kurang mampu.

Ketua panitia pelaksana UN Sma Negeri I Mamasa, Albert mengatakan, ritual ibadah menghadapi UN ini rutin dilakukan setiap tahun untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa dalam menghadapi UN.

“Ini adalah tradisi tahunan yang rutin kita gelar untuk memberi bekal mental kepada para siswa dalam menghadapi UN,” jelas Albert, Minggu.

Sementara itu, panitia pelaksana UN tingkat Kabupaten Mamasa memastikan seluruh persiapan UN telah rampung dan peserta siap mengikuti UN secara serentak pada Senin besok. Sekretaris panitia UN Kabupaten Mamasa, Yoseph, menjelaskan, seluruh soal ujian, lembar jawaban, termasuk sampul soal sudah dipersiapkan. Kekurangan soal ujian di sejumlah sekolah yang dilaporkan panitian sebelumnya, pada Sabtu kemarin telah diselesaikan.

“Seluruh kekurangan soal yang sejumlah sekolah telah dirampungkan dan 100 persen siap ikuti UN Senin besok," jelas Yoseph.

Dia menjelaskan, jumlah peserta UN tingkat SMA dan sederajat di Mamasa sebanyak 1.111 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com