Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Tambora Akan Diresmikan sebagai Taman Nasional

Kompas.com - 30/03/2015, 14:02 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Gunung Tambora yang terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan diresmikan sebagai kawasan taman nasional. Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dalam rapat koordinasi persiapan acara 'Tambora Menyapa Dunia 2015'.

"Kita harapkan nanti presiden hadir beliau mencanangkan Tambora sebagai taman nasional," kata Zainul Majdi, Senin (30/3/2015).

Menurut Zainul, dengan dicanangkannya Gunung Tambora sebagai taman nasional maka upaya pemerintah untuk memajukan kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora (SAMOTA) sebagai poros ekonomi maritim di Sumbawa bisa berjalan lebih maksimal.

Dia berharap, dengan hadirnya Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dalam acara tersebut maka potensi investasi dan ekonomi yang ada di daerah tersebut bisa dikembangkan. Zainul meminta kepada seluruh masyarakat NTB terutama yang berada di daerah lingkar acara seperti di Dompu, Bima serta Lombok Tengah agar dapat menjaga kondusifitas daerah.

"Kita muliakan tamu kita ikut tanggung jawab untuk keamanan daerah kita," kata Zainul.

Menurut Zainul, saat ini persiapan puncak peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora telah pencapai 90 persen. Persiapan tersebut mencakaup seluruh aspek baik dari segi transportasi, akomodasi dan pengamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com