Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Beruntun di Ambon, Korban Tewas dan Cacat Disantuni Rp 25 Juta

Kompas.com - 30/03/2015, 10:36 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Para keluarga ahli waris korban kecelakaan maut di Kawasan Halong, Kecamatan Sirimau, Ambon, menerima santunan kecelakaan dari Jasa Raharja Cabang Maluku. Santunan diberikan pihak Jasa Raharja kepada para ahli waris korban di Kantor Wali Kota Ambon, Senin (30/3/2015) pagi.

Selain pihak Jasa Raharja, hadir dalam penyerahan santunan itu Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dan sejumlah pejabat pemerintah Kota Ambon. Dalam acara penyerahan santunan itu masing-masing ahli waris korban meninggal mendapat santunan sebesar Rp 25.000.000.

Penyerahan santunan kepada para ahli waris korban tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Ambon dan Kepala Jasa Raharja Cabang Maluku, Jahja Joel Lami.

Kepala Jasa Raharja Cabang Maluku, Jahja Joel Lami kepada wartawan usai penyerahan santunan mengatakan, penyerahan santunan sebesar Rp 25.000.000 bagi para ahli waris dilakukan setelah mereka mendata seluruh ahli waris keluarga korban dalam kecelakaan itu.

“Jumlah santunan yang diserahkan kepada ahli waris korban meningal total semuanya Rp 175 juta. Kita bersyukur karena petugas kami bekerja cepat untuk mendapatkan data para ahli waris korban,” ungkap dia.

Jahja mengungkapkan, selain santunan kepada korban meninggal dunia, Jasa Raharja juga akan menyerahkan santunan kepada para korban luka dalam peristiwa itu. Menurut dia, saat ini Jasa Raharja belum mendapatkan laporan secara resmi dari RS tempat para korban dirawat. Namun sesuai data yang diperoleh, ada 13 korban luka yang masih menjalani perawatan.

“Untuk korban yang mengalami cacat tetap juga akan disantuni Rp 25.000.000. Kalau untuk korban luka akan diberikan santunan maksimal Rp 10 juta untuk biaya rumah sakit,” ujar dia. “Saya turut berduka atas kecelakaan ini. Kepada para keluarga yang ditinggalkan semoga dapat bersabar, dan bagi korban yang masih dirawat agar segera sembuh,” kata dia.

Bantuan Pemprov
Selain itu, Pemerintah Kota Ambon juga memberikan santunan uang duka kepada seluruh ahli waris korban. Penyerahan bantuan uang duka yang diserahkan Richard Louhenapessy adalah sebesar Rp 2 juta bagi setiap ahli waris korban meninggal.

“Kami berharap santunan duka ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” kata Richard Louhenapessy.

Pemerintah Kota Ambon belum lama ini meluncurkan program pemberian santunan bagi setiap warganya yang meninggal dunia.Santunan uang duka yang diberikan bagi keluarga korban sebagai bentuk perhatian pemerintah kota Ambon bagi setiap warganya yang mengalami musibah.

Bantuan uang duka tersebut juga diberikan untuk membantu pihak keluarga dalam membiayai pengurusan pemakaman korban meninggal dunia.

“Selaku pimpinan di Kota ini saya menyampaikan turut berduka sedalam-dalamnya atas insiden kecelakaan yang terjadi. Saya juga berharap kepada keluarga korban tetap bersabar dan tabah dalam menjalani cobaan dari Tuhan,” kata dia. (Baca: Tronton Tabrak Mobil dan Angkot, Empat Korban Tewas Terbakar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com