Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditipu "Calo" PNS, Jarasman Tertipu Rp 50 Juta

Kompas.com - 20/03/2015, 02:16 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Robert Pasaribu (52), warga Siantar Selatan, Pematangsiantar, Sumatera Utara menipu Jarasman Sihombing, warga Lae Parira, Dairi, Rp 50 juta. Robert mengiming-imingi Jarasman bahwa ia bisa menjamin dua saudara korban menjadi CPNS di Pemko Pematangsiantar.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Slamet Lesiono mengatakan, penipuan itu terjadi awalnya pada Jumat 3 Agustus 2012. Jarasman mengenal Robert atas jasa seorang teman.

"Nanti bisa kita masukan CPNS, karena saya punya jatah," kata Slamet meniru ucapan Robert.

Tergiur dengan rayuan Robert, Jarasman menyerahkan uang senilai Rp 50 juta. Jarasman meminta Robert membantu anggota keluarganya, Bungaran Sihombing dan Lusi Mediati untuk menjadi CPNS di Pemko Pematangsiantar. Namun setelah waktu yang ditunggu, ternyata keduanya tidak kunjung menjadi CPNS.

Robert dikatakan tidak mampu mengembalikan uang korban senilai Rp 50 juta. Merasa menjadi korban penipuan, Jarasman melaporkan kejadian ini ke Polres Pematangsiantar, Rabu (18/3/2015).

Saat dikonfirmasi, Kapolres melalui Kasubbag Humas AKP M Nuriaman Rangkuti mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari Jarasman dan telah meminta keterangan saksi.

"Kita sudah menerima laporan dari korban. Setelah kita memeriksa beberapa saksi. Kita masih melakukan penyelidikan terkait kasus penipuan tersebut," kata Nuriaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com