Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapas Nusakambangan Siapkan Ruang Isolasi untuk Duo “Bali Nine”

Kompas.com - 13/02/2015, 16:51 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Ruang isolasi di salah satu Lembaga Pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, disiapkan untuk menyambut dua terpidana mati kasus “Bali Nine”, Myuran Sukumuran dan Andrew Chan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Provinsi Jawa Tengah, Yuspaharuddin, di Semarang mengatakan, waktu pengiriman dua terpidana mati tinggal menunggu perintah dari Jaksa Agung. Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan ruang khusus untuk menampung keduanya.

“Kami sudah siap jika mereka dipindahkan ke sini (Lapas Nusakambangan). Kami siapkan ruang isolasi untuk mereka," kata dia, Jumat (13/2/2015).

Namun ihwal ruang isolasi di lapas apa di Nusakambangan, pihaknya belum bersedia membeberkannya. Untuk saat ini, dua terpidana tersebut masih berada di Lapas Kerobokan, Denpasar, Bali.

“Saat rapat koordinasi dengan Kejaksaan Agung, Jaksa Agung bilang jangan dipindahkan dulu. Nunggu waktu pastinya pelaksanaan eksekusi, baru nanti dipindahkan saat itu juga," tambahnya.

Kendati jadwal pemindahan belum pasti, namun pihaknya sudah menerima surat resmi terkait pemindahan dua "Bali Nine" dari Kemenkumham pada tanggal 11 Februari 2015.

Dua terpidana mati, Myuran dan Andrew, santer akan dipindahkan ke Lapas Nusakambangan menggunakan pesawat komersial. Keduanya akan didampingi semua elemen yang terlibat, baik Badan Narkotika Nasional, maskapai penerbangan, hingga pengelola penerbangan setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com