Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-pengunduran Diri Xanana Gusmao, TNI Perketat Perbatasan

Kompas.com - 10/02/2015, 11:00 WIB
ATAMBUA, KOMPAS.com — Tentara Nasional Indonesia (TNI) di perbatasan Indonesia-Timor Leste mengantisipasi masuknya kelompok separatis dari Timor Leste ke wilayah Indonesia. TNI menutup rapat pintu perbatasan dengan meningkatkan patroli di sepanjang garis perbatasan.

Penegasan ini disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Timor Leste Sektor Timur, Mayor (Inf) Muhamad Nas, ketika dihubungi di Atambua, Senin (9/2/2015) kemarin. Dia dimintai keterangan terkait keamanan di perbatasan negara pasca-mundurnya Perdana Menteri Timor Leste Xanana. (Baca: Xanana Gusmao Mundur dari Jabatan PM Timor Leste)

Nas mengatakan, prajurit di perbatasan memang belum mendapat petunjuk maupun arahan dari petinggi TNI. Namun, sebagai satuan yang dipercayakan negara untuk menjaga kedaulatan NKRI, kewaspadaan diterapkan.

Nas mengaku sudah memerintahkan semua prajurit yang tersebar di 20 pos untuk selalu meningkatkan pengawasan, termasuk patroli rutin.

Dia mengakui, ada informasi yang beredar di Timor Leste bahwa ada kelompok separatis yang anti-pemerintah mencoba untuk membenturkan TNI dengan pasukan UPF di Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com