Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya Dokumen Lengkap, 6 Orang Calon TKI Ditangkap

Kompas.com - 27/01/2015, 05:33 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak enam orang calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak memiliki dokumen lengkap diamankan oleh Polisi Militer TNI Angkatan Udara di bandara Eltari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Bidang Humas Polda NTT, Ajun Komisaris Besar Polisi, Agus Santosa yang dihubungi Senin malam mengatakan, saat ini enam calon TKI sudah dibawa ke Polda NTT untuk diperiksa secara intensif.

”Saat ini mereka (enam calon TKI) sedang dalam pemeriksaan oleh satuan tugas trafficking,” kata dia

Enam orang calon TKI asal sejumlah kabupaten di Timor Barat tersebut ditangkap saat akan naik Pesawat Lion Air tujuan Surabaya, Senin (26/1/2015). Rencananya, TKI itu akan dipekerjakan di Malaysia.

Petugas dari Polisi Militer TNI AU kemudian melakukan pemeriksaan secara mendetail terhadap calon TKI. Ternyata keenamnya tidak memiliki kartu identitas dan dokumen ketenagakerjaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi kabupaten maupun Provinsi NTT serta Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, para calon TKI dijanjikan akan menerima upah yang cukup tinggi setiap hari oleh calo TKI. Para TKI itu akan bekerja di perkebunan Kelapa Sawit di Malaysia.

Enam orang calon TKI tersebut yakni Ester Bano dan Luisa Bessie dari Kabupaten Kupang, Maria Tebang Asa dari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Paulus Nahak, Anita Luruk dan Lius Seran dari Kabupaten Malaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com