Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Siapkan Pengacara untuk Aktivis Antikorupsi Korban Penembakan

Kompas.com - 23/01/2015, 15:38 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Mathur Husairi, aktivis lembaga sewadaya masyarakat (LSM) antikorupsi korban penembakan tercatat sebagai kader Partai Bulan Bintang (PBB). Karena itu, PBB akan menyiapkan pengacara untuk mengawal kasus penembakan itu.

"Menyiapkan pengacara adalah upaya partai dalam melakukan advokasi kepada kadernya yang terlibat masalah hukum," kata Ketua DPW PBB Jatim, Sudarno Hadi, Jumat (23/1/2015).

Pihaknya mengaku sangat prihatin atas peristiwa yang menimpa Mathur. Dia yakin, penembakan tersebut sangat kental dengan nuansa politik di daerah setempat.

"Sejak dulu dia dikenal aktivis yang keras menyuarakan gerakan antikorupsi, dia juga tercatat sebagai caleg DPRD Jatim dapil Madura pada pileg tahun lalu," tambahnya.

Mathur Husairi (47), direktur LSM Crisis Islam of Demoration (CIDe) yang kini dirawat intensif di RSU dr Soetomo Surabaya itu ditembak orang tak dikenal saat hendak membuka pintu pagar rumahnya di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Kemayoran, Selasa (20/1/2015) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, dia baru saja pulang dari Surabaya menggunakan Toyota Avanza abu-abu metalik M 307 HA. Belum jelas apa motif penembakan tersebut. Namun penambakan tersebut dikait-kaitkan dengan kasus korupsi yang menimpa Ketua DPRD Bangkalan Fuad Amin Imron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com