Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Permudah Administrasi Kependudukan Korban AirAsia QZ8501

Kompas.com - 06/01/2015, 13:44 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mempermudah proses administrasi kependudukan bagi warga Surabaya yang menjadi korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501.

Hal administratif tersebut menyangkut akte kematian, kartu keluarga baru, hingga semua urusan yang menyangkut warisan keluarga. Kebijakan ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya, Suharto Wardoyo.

"Ini sebagai bentuk keprihatinan Pemkot Surabaya atas musibah jatuhnya pesawat AirAsia," kata Suharto, Selasa (6/1/2015).  "Kami jemput bola untuk melayani korban, khususnya untuk penerbitan akta kematian," sambung dia lagi.

Terkait penerbitan akta kematian, Pemkot Surabaya mengaku sangat berhati-hati. Sebab, akta kematian korban pesawat AirAsia sangat rawan disalahgunakan. Oleh karena itu, sebelum jelas pembuktian keluarga korban dengan berbagai data pendukung, maka akta kematian tersebut tidak akan diserahkan.

Dari 80 korban yang tercatat sebagai warga Kota Surabaya, hingga hari ini sudah ada sembilan yang sudah teridentifikasi, di antaranya, Grayson Herbert Linaksita (11), Hendra Gunawan Syawal, Yongki Jou (53), Tony Linaksita (42), Jie Stevie Gunawan, dan Meji Teja Kusuma. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com