Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api di Pasar Klewer Sudah Bisa Dilokalisir

Kompas.com - 28/12/2014, 00:21 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Kebakaran di pusat penjualan grosir dan eceran batik Pasar Klewer, Solo, Sabtu (27/12/2014) malam belum berhasil dipadamkan.

Meskipun demikian, para petugas pemadam kebakaran telah berhasil melokalisir rembetan api sehingga tidak meluas lebih jauh ke bangunan di sekitar titik kebakaran.

"Api sudah mulai bisa diblokir, bisa diatasi. Hanya tinggal menunggu proses pemadaman.
Pemblokiran mencegah api merambat ke blok lain," kata Kapolresta Solo Kombes Iriansyah dalam wawancara melalui sambungan telepon yang disiarkan Kompas TV.

Iriansyah menjelaskan kebakaran dilaporkan mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Sumber api diperkirakan berasal dari loas pasar di bagian paling bawah.

Menurut dia, petugas mengalami kesulitan untuk memadamkan api dalam waktu singkat karena sejumlah faktor. Selain angin yang bertiup kencang, api membakar kios yang kebanyakan menjual kain dan plastik.

"Pertama, menembus ke sumber api sulit karena pasar tidak teratur. Kedua, kesulitan sumber air. Hidran tidka berfungsi sehingga pemadam harus pulang pergi (mengambil air)," ujarnya. 

Ia mengatakan, sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut. Kebakaran terjadi saat seluruh kios telah tutup sehingga tidak banyak orang yang di dalam pasar.

Mengenai penyebab kebakaran, Iriansyah belum dapat memastikan. Pihaknya masih fokus membantu pemadam memadamkan api. Penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan setelah pemadaman selesai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com