Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Pastikan Jawa Tengah Aman Sepanjang Malam Natal

Kompas.com - 25/12/2014, 02:02 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah dalam kondisi aman bertepatan dengan Malam Natal 2014. Dengan demikian, Ganjar meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu teror.

"Perayaan Natal di seluruh daerah di Jawa Tengah salah satunya Semarang berlangsung khidmat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan silakan tetap beraktivitas seperti biasa," kata Ganjar di sela memantau ibadah Malam Natal di Gereja Blenduk di Semarang, Rabu (24/12/2014).

Dia mengatakan hingga saat ini pelaksanaan ibadah Natal di seluruh daerah sudah berjalan dengan baik. "Saya sangat bahagia melihat pancaran kebahagiaan dari para jemaat yang tengah mengikuti misa Natal, artinya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengimbau kepada semua pihak baik yang merayakan Natal atau tidak, untuk turut serta menciptakan suasana aman dan nyaman. Ganjar berharap toleransi antar-umat beragama terus menciptakan kondisi aman.

"Kita semua wajib merawat ke-Indonesia-an ini. Jadi ketika Natal maka umat muslim diwajibkan untuk ikut menjaga kondisi agar aman, begitu juga saat Lebaran maka umat Nasrani dan umat agama lain juga turut menciptakan suasana aman," katanya.

Ganjar juga mengatakan ibadah Natal yang dilaksanakan di Gereja Blenduk sebagai istimewa mengingat gereja tersebut merupakan salah satu bangunan bersejarah di Semarang. Ia berharap, semua pihak ikut menjaga kondisi gereja karena sebagai bangunan tua butuh perawatan yang serius.

"Dengan perawatan yang baik maka akan semakin banyak pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini," katanya.

Sedangkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, kondisi keamanan di Semarang sejauh ini dalam kondisi baik. Meski begitu Hendrar mengingatkan masyarakat untuk waspada dengan isu yang berbau provokasi.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan kewaspadaan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang tidak jelas sumbernya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com