Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Siap Jadi Saksi Kasus Suap Ketua DPRD Bangkalan

Kompas.com - 10/12/2014, 15:51 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan siap kapanpun diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi kasus dugaan korupsi Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan Fuad Amin Imron. Dia juga memastikan dugaan korupsi itu murni masalah daerah, tidak ada sangkut pautnya dengan Pemprov Jatim.

"Sebagai pejabat negara yang menghormati hukum, saya siap diperiksa KPK kapanpun, demi kepentingan penegakan supremasi hukum," kata Soekarwo seusai menghadiri peringatan Hari Anti-Korupsi di gedung negara Grahadi, Surabaya, Rabu (10/12/2014).

Kasus yang menimpa mantan bupati Bangkalan dua periode itu, kata Soekarwo, murni melibatkan BUMD daerah setempat, dan tidak ada kaitannya dengan Pemprov Jatim.

"Tapi Dinas ESDM Jatim sudah memberikan keterangan di KPK terkait masalah ini," jelasnya.

Seperti diberitakan, Selasa (2/12/2014) dini hari, KPK menangkap Fuad Amin di rumahnya atas dugaan menerima suap terkait jual beli gas alam untuk pembangkit listrik di Gresik dan Gili Timur, Bangkalan, Jawa Timur.

Sebelum menangkap Fuad, KPK menangkap perantara Fuad bernama Rauf, dan Direktur PT Media Karya Sentosa Antonio Bambang Djatmiko dan perantaranya yang merupakan anggota TNI AL, yakni Kopral Satu Darmono.

Dalam operasi penangkapan itu, KPK juga menyita uang tunai lebih dari Rp 700 juta dan sejumlah dokumen penting. Ketiga orang yang tertangkap tangan sudah ditetapkan sebagai tersangka, sementara Kopral Satu Darmono, oleh KPK diserahkan ke Polisi Militer Angkatan Laut.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com