Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Arti Lain dari Gelar "SAg" Menurut Menpora Imam Nahrawi

Kompas.com - 09/12/2014, 17:00 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi tak pernah minder dengan gelar sarjana agama (SAg) yang disandangnya. Dia tetap percaya diri, meski saat ini menjadi menteri yang sama sekali tidak terkait dengan persoalan agama.

Bagi lulusan Fakultas Tarbiyah 1997 ini, gelar SAg tidak hanya berarti sarjana agama. "SAg bisa diartikan sebagai 'sarjana anggaran' karena, meskipun SAg, saya dulu juga pernah duduk di panitia anggaran di DPR RI," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini saat mengisi kuliah umum di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, Selasa (9/12/2014).

Seperti diketahui, Imam Nahrawi dua kali terpilih menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Surabaya-Sidoarjo, yang diusung PKB. Namun, saat akan menjabat untuk kali kedua, dia lebih dulu diminta mengisi jabatan menpora pada Kabinet Kerja bentukan Presiden Joko Widodo.

Rupanya, ini menjadi inspirasi arti SAg yang kedua bagi Imam. Menurut dia, SAg juga bisa berarti "sarjana alahraga", plesetan dari "olahraga".

Tugasnya sebagai menteri yang olahraga juga menjadikan Imam punya arti ketiga untuk SAg. Arti SAg yang ketiga adalah "sarjana ASEAN Games 2018". "Ini setelah saya diminta oleh Presiden Jokowi mempersiapkan Indonesia sebagai tuan rumah ASEAN Games 2018," ujarnya disambut tawa peserta kuliah umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com