Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Hipotermia, Pendaki Asal Bandung Meninggal di Gunung Binaya

Kompas.com - 08/12/2014, 13:23 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com
 — Pendaki asal Bandung, Fitra Widianwari, dilaporkan meninggal dunia di kawasan Gunung Binaya, Kabupaten Maluku Tengah. Dia meninggal setelah kondisinya melemah akibat terkena hipotermia saat mendaki gunung tertinggi di Maluku tersebut.

Kabar meninggalnya pendaki senior asal Bandung, Jawa Barat, yang juga tercatat sebagai anggota kelompok pencinta alam Lawalata Institut Pertanian Bogor (sebelumnya disebut Institut Teknologi Bandung) ini disampaikan langsung oleh Tabur Muhammad, Kepala Balai Taman Nasional Manusela, saat dihubungi dari Ambon, Senin (8/12/2014).

"Benar, Pak, dia (Fitra) sudah meninggal dunia," ujarnya singkat.

Menurut Tabur, informasi tersebut diperoleh dari pendaki asal Ambon yang ikut membawa turun Fitra dari Gunung Binaya saat korban terkena hipotermia pada ketinggian 2.080 mdpl.

"Informasi ini baru saya dapat tadi dari salah satu pendaki yang ikut mengevakuasi korban. Kemungkinan, korban ini telah meninggal sejak Sabtu (8/12/2014), dan saat ini evakuasi masih dilakukan," ujarnya.

Saat ini, istri dan juga kakak kandung korban telah menuju Kabupaten Maluku Tengah untuk menanti proses evakuasi. Proses tersebut dibantu oleh tim Basarnas Ambon dan juga tim dari Balai Taman Nasional Manusela.

Sebelumnya, kakak kandung Fitra juga mengatakan bahwa korban memiliki riwayat penyakit malaria. Kabar tentang meninggalnya Fitra sempat simpang siur. Para pendaki yang mengevakuasi korban pun tidak dapat dihubungi karena tidak ada sinyal di kawasan tersebut.

Informasi meninggalnya korban baru dilaporkan salah satu pendaki setelah dia kembali ke puncak Binaya untuk menginformasikan insiden itu.

Sebelumnya diberitakan, salah satu pendaki lokal asal Ambon, Agusalim Patty, mengatakan bahwa korban dievakuasi setelah terkena hipotermia di batas vegetasi pada ketinggian lebih kurang 2.080 mdpl.

Saat itu, korban dalam kondisi parah, dan akhirnya ditandu melalui jalur utara. Korban sendiri melakukan pendakian ke Gunung Binaya sejak tanggal 30 November, bersama dua pendaki asal Ambon.

Hipotermia adalah kondisi ketika mekanisme sistem pengaturan suhu tubuh kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Orang yang terkena hipotermia ringan akan menunjukkan gejala-gejala, seperti melantur saat bicara, kulit menjadi sedikit berwarna abu-abu, detak jantung melemah, tekanan darah menurun, dan terjadi kontraksi otot sebagai usaha dari tubuh untuk menghasilkan panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com