Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Otopsi, Makam Ajudan Dandim Lamongan Dibongkar

Kompas.com - 02/12/2014, 14:30 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Petugas medis RSUD Dr. Soetomo Surabaya membongkar makam Kopral Kepala (Kopka) Andi Pria Dwi Harsono, ajudan Komandan Dandim (Dandim) 0812 Lamongan di pemakaman Kristen Desa Pulosari, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (2/12/2014).

Makam Kopka Andi kembali dibongkar untuk keperluan otopsi itu. Pembongkaran dilakukan dengan pengamanan oleh personel Kodam V Brawijaya maupun dari kepolisian. Warga sekitar juga banyak memadati lokasi.

Kopka Andi Pria Dwi Harsono ditemukan tewas dengan posisi tergantung dalam ruangan kantor Unit Intel Kodim 0812 Lamongan, 14 Oktober lalu. Sebelum itu, Kopka Andi dituding mencabuli anak Dandim yang masih berusia 4 tahun.

Abu Hanifah selaku pengacara keluarga Kopka Andi Pria Dwi Harsono mengatakan, keluarga mendesak adanya otopsi karena menemukan adanya beberapa kejanggalan terhadap kematian prajurit yang telah menjadi ajudan Dandim, Letkol Ade Rizal Muharram, sejak Februari 2013 lalu, antara lain tangan dengan kondisi masih terborgol dan tidak adanya tanda-tanda umum orang bunuh diri seperti lidah terjulur maupun cairan sperma.

"Ada banyak kejanggalan dalam kematiannya," kata Kuasa hukum keluarga Kopka Andi, Abu Hanifah.

Wakil Kepala Pusat Penerangan Kodam V Brawijaya, Letkol Heriyadi mengatakan, sudah ada beberapa anggota TNI yang diperiksa atas kasus kematian Kopka Andi. Pihaknya akan menjunjung tinggi proses hukum yang berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com