Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Zebra, Polisi Libatkan PM Copoti Stiker TNI

Kompas.com - 02/12/2014, 10:36 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Satuan Lalu Lintas Polres Magelang melibatkan aparat Polisi Militer (PM) dalam Operasi Zebra Candi 2014 yang digelar di Jalan Magelang-Purworejo, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Selasa (2/12/2014) pagi.

Keterlibatan PM bertujuan agar sasaran operasi merata ke seluruh lapisan masyarakat, baik TNI/Polri hingga masyarakat umum.

Kanit Pendidikan dan Rekayasa Satlantas Polres Magelang, Ajun Komisaris Polisi Ahdi, menjelaskan, pihaknya mengikutsertakan PM baru pertama kali sejak Operasi Zebra Candi digelar pada 26 November 2014 lalu.

“Kami libatkan PM dari Provost Akademi Militer (Akmil) dan PM Kodim 0705 Magelang, agar target sasaran operasi ini bisa seimbang dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” kata Ahdi, di sela kegiatan.

Menurut Ahdi, keterlibatan PM tersebut juga sebagai upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya gesekan antara aparat TNI dan POLRI maupun dengan masyarakat umum. Serta, antisipasi penyalahgunaan atribut-atribut TNI/Polri yang menempel pada kendaraan warga sipil.

Dijelaskan Ahdi, kendaraan yang tertempel beragam atribut TNI/Polri memang juga menjadi sasaran operasi ini. Sejauh pelaksanaan operasi tersebut, ternyata masih banyak warga sipil yang menempelkan stiker tersebut pada plat nomor dan badan motor.

Petugas pun tidak segan mencopot atribut-atribut yang bukan peruntukannya itu. “Masih ada warga sipil yang menempelkan stiker atribut TNI/Polri pada plat nomor dan badan motor, dengan modus agar mereka tidak terjaring razia dan alasan lainnya. Kami tetap tertibkan itu, agar mereka juga tahu fungsi atribut dan tidak disalahgunakan lagi,” tandas Ahdi.

Ahdi menyebutkan, ada 42 personel polisi termasuk anggota PM yang diterjunkan dalam operasi ini. Mereka melakukan pemeriksaan satu per satu kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Magelang Purworejo, tepatnya di depan SMA Taruna Nusantara, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Kendaraan yang kedapatan melanggar peraturan lalu lintas langsung ditindak di tempat. Target sasaran operasi, lanjut Ahdi, antara lain, orang (pengendara) yang tidak mengenakan kelengkapan berkendara semisal tidak memakai helm standar, lalu kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat resmi dan kendaraan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan seperti sepeda motor protolan, modifikasi, odong-odong dan sebagainya.

"Hingga hari ini ada sekitar 1671 kendaraan yang kami tilang dan 315 teguran, mayoritas sepeda motor. Operasi Zebra Candi ini akan digelar sampai 9 Desember 2014,” tandas Ahdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com