Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Terima Ditilang dan Motornya Disita Polisi, PNS Ini Protes

Kompas.com - 01/12/2014, 17:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com – Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sempat beradu mulut dengan petugas Satuan Lalu lintas Polres Magelang saat hendak ditilang pada operasi zebra di kawasan Alun-alun Kota Magelang, Senin (1/12/2014). PNS laki-laki itu kedapatan tidak mematuhi peraturan lalu lintas, seperti sepeda motor tanpa kaca spion lengkap, tanpa lampu sen, bahkan STNK yang sudah kadaluarsa.

Namun, saat polisi hendak menyita sepeda motor miliknya, sang PNS yang masih mengenakan seragam Korpri itu tidak terima, dengan alasan akan segara menuju kantor untuk bekerja. Ia meminta petugas untuk menyita STNK atau SIM saja.

“Jangan dibawa motor saya Pak, mbok STNK saja yang disita,” kata PNS itu kepada petugas.

Tetapi petugas itu tetap bergeming, sepeda motor Honda Vixion miliknya tetap disita. Sementara itu, sang PNS dan seorang temannya yang juga PNS terpaksa jalan kaki menuju kantornya. Diduga mereka bekerja di sebuah dinas di lingkungan Pemerintah Kota Magelang yang terletak tidak jauh dari kawasan Alun-alun Kota Magelang.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Zain Dwi Nugroho melalui Kasatlantas, AKP Rizeth Ariwibowo mengatakan, sudah enam hari pihaknya menggelar Operasi Zebra Candi 2014 dalam rangka meingkatkan ketetiban dan keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru itu. Lebih dari dua ratus kendaraan ditilang dengan didominasi sepeda motor.

“Paling banyak sita Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK), karena pengendara tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Kami sita sekitar 698 STNK, atau lebih banyak dibanding menyita SIM sebanyak 231 buah,” ujarnya di sela operasi yang berlangsung di area Alun-alun Kota Magelang.

Dia menjelaskan, selain menyita SIM atau STNK, pihaknya juga memberi teguran kepada sekitar 300 pengendara yang masih melanggar ketertiban lalu lintas. Seperti tidak menyalakan lampu utama di siang hari, motor tidak standar, dan pelanggaran ringan lainnya.

“Sementara untuk penyitaan sepeda motor ada sekitar 46 unit, karena pengendara tidak membawa surat-surat. Penyitaan ini untuk memberi efek jera agar mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi,” katanya.

Operasi Zebra Candi 2014 di Kota Magelang sudah berlangsung sejak 26 November 2014 hingga 9 Desember 2014 mendatang. Sebanyak 87 personel dengan dibantu personel TNI, termasuk Polisi Militer (PM) dikerahkan dalam operasi ini. Lokasi operasi di beberapa ruas jalan utama dan rawan pelanggaran lalu-lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com