Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Kalla, Ridwan Kamil Minta Bantuan untuk Proyek Monorel

Kompas.com - 28/11/2014, 12:28 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, bercerita tentang pertemuannya dengan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), Kamis (27/11/2014) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Emil ini mengaku meminta kepada JK agar pemerintah pusat bisa membantu mendanai proyek monorel atau LRT (Light Railway Transit) Bandung yang direncanakan bakal dimulai tahun 2015 mendatang.

"Kemarin saya ketemu Pak JK ngobrol 30 menit saya menyampaikan minta dukungan proyek monorail atau LRT," kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Jumat (28/11/2014).

Emil menambahkan, permohonan bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kompensasi kepada Kota Bandung terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Karena BBM naik, mohon Bandung dibantu proyek monorel atau LRT dari APBN," ungkapnya mengulangi permintaannya kepada JK.

Menurut Emil, dengan mencabut subsidi BBM, pemerintah pusat mendapatkan keuntungan dengan penghematan uang segar sebesar fresh Rp 300 triliun. Maka, kata dia, wajar saja jika Kota Bandung meminta secuil bantuan dari keuntungan yang didapatkan.

"Nilai dua koridor monorel atau LRT itu kan Rp 6 triliun. Minimal kita minta satu persennya saja untuk membantu proyek satu koridor untuk infrastruktur dan keretanya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com