Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sidrap, Jokowi Akan Awali Proyek Irigasi untuk 3 Kabupaten di Sulawesi Selatan

Kompas.com - 05/11/2014, 06:58 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

SIDRAP, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo akan meresmikan proyek saluran primer sepanjang 2.200 meter di Kabupaten Sidenreng Rappang atau Sidrap, Sulawesi Selatan, Rabu (5/11/2014). Bila saluran ini berfungsi, lahan petani 57.677 hektar di tiga kabupaten akan terairi.

Tiga kabupaten yang bakal menikmati aliran air bila irigasi tersebut terealisasi dan berfungsi adalah Sidrap, Pinrang, dan Sengkang. Peletakan batu pertama akan dilakukan Jokowi di Desa Bendoro, Kecamatan Wattang, Kabupaten Sidrap.

"Saya optimistis produksi petani akan semakin meningkat karena kebutuhan air yang makin terpenuhi," ujar Mustakim, Ketua Kelompok Tani Sipakainga, soal rencana pembangunan irigasi ini, Selasa (4/11/2014). Dia mengatakan, rata-rata produksi petani di Sidrap saat ini adalah 6 ton hingga 8 ton gabah kering panen per hektar.

Sejak Selasa petang, jalanan di Sidrap sudah mulai disterilkan oleh aparat TNI dan Polri. Sejumlah petugas bersenjata lengkap juga terlihat di sepanjang jalan utama kota, dengan jarak antar-petugas sekitar 100 meter. 

Jokowi dijadwalkan tiba di Sidrap pada pukul 13.00 Wita, setelah sejenak transit di Makassar, Sulawesi Selatan, dalam perjalanan dari Jakarta. Seusai meresmikan proyek irigasi ini, Jokowi dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Kendari, Sulawesi Tenggara, sebelum kembali bertolak ke Jakarta pada Kamis (6/11/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com