Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Harapan Kaum Waria pada Presiden Jokowi

Kompas.com - 20/10/2014, 19:49 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden dan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden RI, membawa harapan baru bagi waria, setidaknya yang berada di Yogyakarta.

Sinta Ratri, koordinator Ikatan Waria Yogyakarta (Iwayo) berharap pada Presiden Jokowi untuk memperhatikan kaum waria yang selama ini dianggap termarjinalkan. Menurut dia, waria belum sepenuhnya diberikan ruang untuk mendapat pendidikan dan pelatihan keterampilan. Dalam satu tahun, kata Sinta, hanya 15 waria yang mendapat jatah pelatihan skill. Sementara di Yogyakarta terdapat sekitar 223 waria.

"Ya, kalau setahun 15 orang, sedangkan total ada sekitar 223, akan berapa tahun semua waria diberikan pelatihan skill usaha," tanya Sinta saat ditemui Kompas.com di sela-sela pawai syukuran, Senin (20/10/2014).

Oleh karena itu, ia berharap ke depan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memperlakukan waria sama dengan warga negara Indonesia lainnya.

"Kami berharap diperlakukan yang sama seperti warga negara yang lain. Diberikan hak pendidikan, pelatihan-pelatihan untuk bekal hidup yang lebih baik," harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini Senin (20/10/2014) sore ratusan warga dari berbagai elemen di Yogyakarta mengikuti pawai sebagai wujud syukur atas dilantiknya Joko Widodo sebagai Presiden serta Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden RI. Di antara peserta pawai adalah kaum waria.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com