Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Surabaya Minta Jokowi-JK Tuntaskan Kasus Century

Kompas.com - 16/10/2014, 15:28 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah dilantik pada tanggal 20 Oktober nanti, presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kalla ditantang memberangus jaringan "mafia kerah putih" atau mafia perbankan, terutama menuntaskan kasus dana talangan Bank Century. Desakan itu disampaikan sejumlah seniman Surabaya melalui aksi teatrikal di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (16/10/2014).

"Langkah pertama yang wajib menjadi program prioritas Jokowi-Jusuf Kalla adalah menuntaskan kasus dana talangan Bank Century Rp 6,7 triliun," ujar Taufiq Monyong, salah satu seniman.

Menurut dia, aksi jaringan mafia kerah putih ini membahayakan karena bisa menghancurkan negara dan bangsa dari sisi sektor perekonomian. 

Aksi mafia kerah putih akan semakin membahayakan mengingat tahun depan, Indonesia memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean. Jaringan Madia Kerah Putih dinilainya akan lebih leluasa bermain dengan mafia-mafia lain dari negara Asean.

"Supremasi hukum harus ditegakkan, jangan hanya tajam ke bawah dan tumpul di atas. Biarkan KPK, kepolisian dan kejaksaan bekerja tegas, jangan sampai ada beking dari kekuasaan," tegasnya.

Dalam aksinya, sejumlah seniman selain mengenakan topeng Jokowi, juga mengenakan topeng wajah tokoh yang disebut sebagai mafia kerah putih seperti Robert Tantular dan Gayatri. Dalam aksi teatrikal tersebut, seniman pemakai topeng mafia kerah putih yang sudah berlumur cat berwarna-warni lalu kembali disemprot cat warna hijau. Hal ini menunjukkan bahwa jaringan mafia ini harus diberantas oleh lembaga peradilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com