Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Cerah, Gerhana Bulan Total Teramati di NTT

Kompas.com - 08/10/2014, 18:53 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com - Masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) beruntung bisa menyaksikan peristiwa gerhana bulan total (GBT), Rabu (8/10/2014) malam ini karena cuaca cerah. 

Pantauan Kompas.com, ratusan warga di Kota Borong, Manggarai Timur, Flores, keluar rumah menyaksikan peristiwa langka tersebut. 

Bagi masyarakat Manggarai, gerhana bulan erat dengan tradisi masa lalu. 

Salah seorang warga, Fransiskus Ndolu mengatakan, nenek moyang penduduk Manggarai apabila melihat gerhana bulan, mereka membunyikan gong dan gendang sebab dianggap tanda-tanda alam yang membawa rahmat. 

Namun, tradisi tersebut saat ini sudah hilang.

"Sekarang tradisi membunyikan gong dan gendang tidak dilakukan apabila melihat Gerhana Bulan," ujar Ndolu.

Informasi yang diterima Kompas.com, ratusan warga di Kampung Mok, Desa Mbengan, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur juga antusias keluar rumah untuk menyaksikan gerhana bulan.

Salah seorang warga Kampung Mok, Ursula Manggung menginformasikan, warga terkejut dengan perubahan bulan di langit sejak pukul 19.30 WITA. Bulan pelan-pelan berubah warna menjadi kemerahan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, fase gerhana bulan total terjadi pada pukul 17.42-18.42 WIB atau 18.42-19.42 WITA. Peristiwa tersebut seharusnya bisa disaksikan di sebagian besar wilayah Indonesia jika cuaca cerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com