Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Bayi Bima-Arjuna Capai Rp 1,2 Miliar Sebelum Operasi

Kompas.com - 07/10/2014, 14:43 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Biaya perawatan bayi kembar Bima dan Arjuna di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mencapai Rp 1,2 miliar. Jumlah itu belum termasuk biaya operasi.

“Sejak masuk RSHS (2 Januari 2013) hingga satu bulan sebelum operasi, perawatan bayi Bima dan Arjuna mencapai Rp1,2 miliar. Untuk biaya operasi sendiri belum dilakukan perhitungan,” ujar Direktur Utama RSHS Bandung dr Bayu Wahyudi SpOG, MPHM, MHKes dalam konferensi persnya di Ruang Sidang RSHS, Selasa (7/10/2014).

Bayu menjelaskan, kedua bayi termasuk masuk RSHS sebagai pasien Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) non kuota. Karenanya, semua pengeluaran ditanggung pemerintah. Setelah Jamkesmas berintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, pasien otomatis menjadi peserta BPJS PBI (penerima bantuan iuran).

Sebenarnya, sambung Bayu, biaya perawatan maupun operasi bayi kembar tersebut di atas plafon. Namun, RSHS maupun pemerintah berkomitmen untuk menanggung seluruh biaya. Meski demikian, bagi masyarakat yang ingin membantu meringankan biaya bayi Bima dan Arjuna, bisa menyumbang ke rekening "Kadeudeuh" di Bank Mandiri dengan no rekening 1320005234761.

“Rekening ini independen dan dapat dipertanggungjawabkan, dan selalu diaudit. Sekali lagi, rekening ini di luar manajemen, untuk menampung sumbangan para dokter, pegawai RSHS, dan masyarakat pada umumnya,” kata dia.

Bayi kembar bernama Muhammad Thobaroq Bima Hasan (Bima) dan Muhammad Thobaroq Arjuna Sadikin (Arjuna) lahir secara normal pada 2 Januari 2013 di Cianjur dan dirujuk dari RSUD Cianjur ke RSHS pada hari yang sama.

Putra ke-2 dan ke-3 dari Robi dan Susan ini telah berada di RSHS selama 21 bulan (1 tahun 9 bulan). Bima dan Arjuna terlahir dalam kondisi kembar siam berjenis conjoined twin inschiophagus tetrapus.

Organ tubuh panggul, alat kelamin, anus, dan saluran cerna bagian bawah menempel. Setelah melakukan operasi selama 14 jam 11 menit, keduanya berhasil dipisahkan dan kini dalam kondisi stabil di ruang ICU RSHS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com