Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Using Punya Tradisi "Jemur Kasur" Jelang Idul Adha

Kompas.com - 25/09/2014, 14:10 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Tak hanya memotong hewan kurban, dalam Perayaan Idul Adha juga ada tradisi khusus yang dilakukan masyarakat Using sebelum hari raya. Tradisi itu dikenal dengan nama mepe kasur atau menjemur kasur.

Seperti Kamis (25/9/2014), secara serentak sejak pagi hari, semua warga mengeluarkan kasur yang dimilikinya untuk dijemur di depan rumah. Sesekali mereka membalik kasur dan membersihkan kasur menggunakan penebah.

Masyarakat Using percaya jika tradisi "mepe kasur" merupakan tradisi tolak bala dan juga menghalau sumber penyakit. "Saya percaya dengan menjemur kasur, semua penyakit dan semua hal-hal yang jelek akan menjauh dari rumah," kata Sutanti (39), warga Desa Kemiren, Banyuwangi. 

Sutanti mengaku salah satu kasur 'abang cemeng' yang ia miliki merupakan hadiah dari orangtuanya saat menikah. Sedangkan satu kasur lagi ia beli dari Mbah Asih, pengerajin kasus yang sudah berkarya sejak zaman jepang, beberapa tahun yang lalu seharga Rp 500 ribu.

"Nanti rencananya kalau anak terakhir saya menikah yang tetap akan memberi kasur seperti ini untuk melanjutkan tradisi," kata dia.

Setelah "mepe kasur", masyarakat Using, Desa Kemiren akan menggelar doa bersama di makam Buyut Cili, leluhur Desa Kemiren dan menjelang malam mereka akan menggelar tumpeng sewu di sepanjang jalan Desa Kemiren. 

***
Baca juga: Mbah Asih, Bikin Kasur Khas Using Sejak Zaman Jepang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com