Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parkir Prabayar di Braga Sukses, Ridwan Kembangkan ke Seluruh Bandung

Kompas.com - 24/09/2014, 12:31 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah DKI Jakarta mulai menerapkan sistem parkir prabayar di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, dengan menggunakan meteran parkir. Sistem parkir tersebut ternyata sudah satu tahun ke belakang diterapkan di Kota Bandung, yang diujicobakan di sepanjang Jalan Braga.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengklaim, selama satu tahun ke belakang, sistem parkir prabayar itu relatif efektif untuk menekan parkir liar di Jalan Braga. "Berjalan dengan baik," kata Emil—demikian dia biasa disapa—di Hotel Grand Royal Panghegar, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (24/9/2014).

Emil pun mengaku akan memperbanyak jumlah meteran parkir di beberapa lokasi di Kota Bandung. "Lagi lelang, dalam bulan ini, investornya sudah terpilih," ujar dia.

Meski demikian, Emil mengakui masih ada banyak kebocoran akibat ulah oknum petugas parkir yang sering menarik uang parkir di luar penggunaan mesin parkir prabayar. "Ada kendala di SDM yang kebiasaan suka nyari-nyari cara mengutip yang tidak semestinya. Ini berarti ada kultur," imbuhnya.

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, ke depan, setelah lelang meteran parkir selesai, dia akan mengumpulkan para petugas parkir yang wilayahnya dipasang mesin parkir prabayar tersebut. Hal ini demi mengantisipasi praktik kutip-kutip uang parkir yang sudah membudaya. Para petugas parkir akan diberikan gaji bulanan.

"Enggak boleh ada lagi korupsi-korupsi kecil di level mereka (petugas parkir) yang selama ini karcisnya enggak dikasih, duitnya ditarik, itu pengalamannya selama ini. Pada akhirnya, nanti mereka digaji seperti halnya pegawai lain. Jadi, tidak perlu ada kongkalikong lagi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com