Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tana Toraja Ingin Bangun Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 30/08/2014, 11:15 WIB
Dian Maharani

Penulis


TANA TORAJA, KOMPAS.com
 — Pemerintah Kabupaten Tana Toraja berencana membangun patung Yesus Kristus tertinggi di dunia. Patung raksasa itu akan dibangun setinggi 40 meter di Bukit Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Bupati Tana Toraja Theopilus Allorerung mengatakan, tinggi patung ini bakal mengalahkan patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil.

"Jadi, nanti tidak perlu ke Brasil. Kita bangun di atas gunung," kata Theopilus di Makale, Tana Toraja, Jumat (29/8/2014).

Patung raksasa ini sekaligus untuk wisata religi di Tana Toraja. Di samping itu, Tana Toraja juga sangat kental dengan adat budaya masyarakatnya. Pemandangan alam di Tana Toraja juga tak kalah cantik.

"Toraja itu dari awal dianugerahi nilai budaya," lanjut Theopilus.

Ia menjelaskan, suku di Toraja merupakan suku tertua di Sulawesi. Namun, penelitian terhadap suku ini masih berlanjut. Menurut Theopilus, penelitian terakhir menunjukkan bahwa suku ini telah ada 1.000 tahun lalu.

Kawasan Tana Toraja berada pada ketinggian 300 meter di atas permukaan laut (mdpl) hingga 2.400 mdpl. Udara di sana cukup dingin, yaitu 15-25 derajat celsius.

Saat ini, lanjut Theopilus, wisatawan mancanegara di Tana Toraja mencapai 70.000 orang per tahun dan ratusan wisatawan lokal per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com