Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma, Siswa SMP Korban Sodomi Takut Saat Menyendiri

Kompas.com - 28/08/2014, 21:41 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com – Korban kejahatan seksual yang dilakukan oleh Pery Padly mendapat pendampingan serius dari Bagian Psikologi Polda Kalbar. Pery ditangkap di bandara Supadio Pontianak, sesaat setelah turun dari pesawat dalam perjalanan pulang dari Jakarta menuju Pontianak, Rabu (27/8/2014) sekitar pukul 18.30 malam.

Bagian Psikologi Polda Kalbar, AKBP Pratiwi memaparkan, psikolog dari Polda telah melakukan pendampingan kepada para korban. Dari beberapa korban, ada yang sudah berulang kali disodomi oleh Pery. Namun ada juga yang masih baru, sehingga trauma yang dialami masih kuat.

“Untuk korban yang sudah berulang kali, mereka tidak terlalu trauma, karena kejadian itu sudah dari tahun 2012. Namun ada juga korban yang baru mendapatkan perlakuan tersebut, sehingga masih trauma dan merasa takut jika sedang sendirian," ujar Pratiwi, Kamis (28/8/014).

Pratiwi khawatir, korban sudah berulangkali dicabuli oleh pelaku, akan berbuat hal yang sama di kemudian hari.

Lebih lanjut Pratiwi menambahkan, sejauh ini ada beberapa orangtua yang merasa tidak terlalu khawatir atas peristiwa yang menimpa anak mereka. Alasannya karena korban adalah laki-laki dan tidak hamil, menjadi salah satu ketidakkhawatiran mereka.

“Selain pendampingan, kita juga akan melakukan pemantauan. Kita juga mengimbau kepada guru maupun orangtua, terutama memberikan pemahaman kepada orangtua korban untuk mengawasi anaknya. Karena, jika tidak diperhatikan, dikhawatirkan mereka akan melakukan hal serupa, dan tentu ini dampaknya akan sangat berbahaya bagi mereka," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com