Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesenian Jaranan Iringi Tari Kolosal 1.000 Barong di Kediri

Kompas.com - 14/08/2014, 09:33 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar Tari Kolosal 1.000 Barong untuk memperingati hari ulang tahun Kediri. Tarian massal yang digelar pada Sabtu, (16/8/2014), itu akan diiringi oleh beberapa kesenian lain, untuk menyemarakkannya.

Beberapa atraksi budaya yang turut dihadirkan dalam pelaksanaan Barongan massal itu adalah Tari Kawedar dan Tari Jingkrak. Selain itu, juga akan dipadukan dengan kesenian jaranan yang dibawakan oleh beberapa komunitas Jaranan setempat.

Suguhan budaya itu akan berlangsung di kawasan Simpang Lima Gumul selama lima jam nonstop dimulai pada pukul 10.00 Wib dan dibuka gratis untuk umum. Tari Kolosoal Barongan tersebut merupakan puncak rangkaian kegiatan HUT yang berlangsung selama sepekan ini.

Agenda budaya lainnya adalah Pagelaran Ketoprak dan kesenian lokal lain yang dikemas dalam Pekan Budaya 2014 yang akan berakhir pada 17 Agustus nanti.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Joko Suwono, mengatakan, kegiatan kebudayaan tahunan tersebut untuk mengapresiasi, melestarikan kesenian lokal sekaligus wahana hiburan bagi masyarakat.

"Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama dari sektor pariwisata," kata Joko Suwono, Kamis (14/8/2014). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com