Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Penghuni Kos Elite Terjaring Operasi Yustisi

Kompas.com - 05/08/2014, 19:26 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan penghuni kos di kawasan Jalan Kedungdoro, Surabaya terjaring operasi yustisi, Selasa (5/8/2014) sore. Selain tidak bisa menunjukkan kartu identitas, sebagian muda mudi tertangkap basah berduaan di kamar kos tanpa ikatan suami isteri.

Beberapa tempat kos yang disasar operasi yustisi oleh petugas Satpol PP Kecamatan Sawahan adalah tempat kos elite, dengan harga sewa rata-rata Rp 2-3 juta per bulan. Tempat kos tersebut bebas keluar masuk selama 24 jam, karena rata-rata penghuninya adalah perempuan pekerja dunia malam.

Mereka lalu diangkut menggunakan kendaraan untuk didata di kantor kecamatan. Camat Sawahan, Muchlis, mengatakan, muda-mudi yang diamankan karena berduaan di kamar kos, akan dikenakan sanksi tegas Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

Bagi yang tidak memiliki kartu identitas, akan didata dan diarahkan untuk mengurus Kartu Identitas Penduduk Musiman (Kipem). "Yang bekerja diarahkan mengurus Kipem, yang tidak punya pekerjaan dipulangkan," kata dia.

Operasi yustisi itu digelar untuk mengurangi derasnya pendatang baru Kota Surabaya pascalebaran. "Pendatang yang tidak memiliki pekerjaan berpotensi melakukan aksi kriminal dan menjadi masalah tersendiri bagi pemkot," ujar Muchlis.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya, Tri Rirmaharini mengintruksikan seluruh jajarannya untuk lebih aktif menggelar operasi yustisi. Bukan hanya di tempat kos, tapi juga di wisma bekas lokasi pelacuran, bantaran sungai, bantaran rel kereta api, hingga di perumahan elite dan kawasan proyek bangunan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com