Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Lebaran di Tol Cikampek-Jakarta Padat

Kompas.com - 03/08/2014, 10:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Arus lalu lintas di jalan Tol Cikampek-Jakarta menuju arah Jakarta padat sejak Kilometer 66 dari Dawuan hingga Kilometer 42 Karawang, Jawa Barat, Minggu (3/8/2014) pagi.

Kondisi kepadatan arus lalu lintas itu diinformasikan belum berubah sejak Minggu dini hari akibat kepadatan volume jumlah kendaraan keluar dan masuk tempat peristirahatan.

"Saat ini kepadatan terjadi dari Km 66 Dawuan hingga Km 42 menjelang Cikarang Utama. Namun, selepas Cikarang sampai Cawang terpantau lancar," kata petugas informasi PT Jasa Marga, Ika, saat dihubungi dari Jakarta, Minggu, seperti dikutip Antara.

Ika mengatakan, hingga pukul 09.00 WIB, kepadatan menuju Jakarta juga terjadi dari arah Kilometer 77 Cipularang hingga Kilometer 42 Karawang, Jawa Barat. Menurut dia, kendaraan memang menumpuk di Kilometer 42 sehingga harus mengantre di titik tersebut.

"Hal ini akibat padatnya volume lintas," ujarnya.

Kepadatan juga dilaporkan terjadi untuk arus arah Jakarta dari Ciperna-Tegal Karang. "Kepadatan terjadi ke luar arteri," tambah Ika.

Ia juga menginformasikan bahwa kepadatan arus lalu lintas juga terjadi di Tol Jagorawi Polingga hingga Gadog sehingga petugas memberlakukan jalur satu arah di Puncak dengan prioritas arus kendaraan naik menuju Puncak.

"Dari Polingga sampai lampu lalu lintas Gadog sebelum Puncak juga terpantau padat," ujar Ika.

Pemerintah memperkirakan, Sabtu dan Minggu (3/8/2014) akan menjadi puncak arus balik mudik untuk angkutan jalan dan kereta. Adapun puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, diperkirakan terjadi pada hari Minggu.

Sementara itu, puncak arus balik di Pelabuhan Merak, Banten, diperkirakan terjadi pada Minggu dan Senin (4/8/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com