Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

THR 8.000 Buruh di Jatim Bermasalah

Kompas.com - 25/07/2014, 21:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Hingga H-3 lebaran, sebanyak 8.127 pekerja di Jawa Timur mengaku belum mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan tempat mereka bekerja. Sebagian dari mereka juga mengaku THR itu  bermasalah atau melanggar aturan yang ditetapkan.

Data yang dihimpun dari posko Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya dan Relawan Buruh Jatim, para pekerja itu berasal dari 114 perusahaan di sembilan kabupaten/kota di Jawa Timur yakni, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

"Pelanggaran yang dilakukan perusahaan, selain tidak membayar THR, juga membayar THR lebih dari waktu yang ditentukan, serta tidak memenuhi nilai nominal yang harusnya diberikan sesuai Permenaker 4 Tahun 1994," kata Koordinator Posko THR Relawan Buruh Jatim, Jamaludin, Jumat (25/7/2014) malam.

Pihaknya mengaku sudah melayangkan somasi dan klarifikasi kepada perusahaan-perusahaan tersebut, serta meminta pemerintah untuk melakukan audit keuangan perusahaan. "Sebagian perusahaan akhirnya bersedia membayar, dan sebagian lagi masih "nakal" tidak bersedia membayar dengan berbagai alasan," kata Jamaludin.

Perusahaan-perusahaan yang berkomitmen membayar THR pekerja ada sekitar 13 perusahaan, kepada 3.714 buruh di sejumlah daerah. Sehingga, tinggal 4.413 pekerja yang bermasalah dengan THR-nya dan terus diperjuangkan oleh tim dari Posko THR Jatim.

Pihaknya juga terus mendesak pemerintah untuk bertindak tegas agar perusahaan-perusahaan itu disanksi karena telah melanggar aturan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com