Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Cibaruyan Masih Diperbaiki, Lalu Lintas Tanjakan Gentong Lancar

Kompas.com - 25/07/2014, 16:48 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com — Jalur mudik selatan di sekitar Tanjakan Gentong terpantau lancar pada H-3 Lebaran, Jumat (25/7/2014) sore. Hal ini berbeda dengan kondisi kemarin saat terjadi kemacetan panjang di sepanjang jalan menuju Kota Tasikmalaya akibat ditutupnya jalur Bandung-Jawa Tengah untuk perbaikan Jembatan Cibaruyan, Ciamis.

“Kalau hari ini jumlah kendaraan pemudik meningkat sampai dua kali lipat per jamnya. Jalur di atas sini (Gentong, red) ramai lancar, jadi padatnya di bawah (Pagerageung-Indihiang, red),” ujar Penanggung Jawab Regu Posko Jembatan Timbang Gentong, Suganda, Jumat (25/7/2014) sore.

Suganda menambahkan, sejak siang tadi arus kendaraan yang melintasi Tanjakan Gentong terlihat padat. Namun, berbeda dengan kondisi kemarin yang sempat terjadi kemacetan satu arah dari Barat ke Timur.

“Sekarang lebih lancar dibandingkan kemarin,” kata Suganda.

Berdasarkan pantauan, kemacetan dan penumpukan kendaraan terjadi mulai di Pertigaan Pamoyanan, Pagerageung, Tasikmalaya. Pasalnya, di lokasi ini, petugas kepolisian mengalihkan kendaraan pemudik ke jalur Suryalaya-Panjalu-Ciamis.

Langkah itu dilakukan untuk mengurai terlalu padatnya kendaraan yang menuju Jawa Tengah melalui Kota Tasikmalaya. Apalagi sampai sekarang jalur utama mudik melalui Ciamis masih ditutup, akibat masih ada perbaikan Jembatan Cibaruyan yang ambrol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com