Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Comal Resmi Beroperasi Kembali

Kompas.com - 24/07/2014, 02:58 WIB
Fikria Hidayat

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Jembatan Comal jalur Jakarta menuju Surabaya resmi dapat dilintasi pada Kamis (24/7/2014) pukul 02.30. Sementara itu, jalur sebaliknya masih belum dapat dilintasi.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas.com, Fikri Hidayat, dari Jembatan Comal, Kabupaten Pemalang, Kamis dini hari.

Jalur ini dapat dilintasi kendaraan roda empat dan roda dua. Sementara itu, bus dan truk masih diarahkan ke jalur alternatif.

Saat ini, arus lalu lintas di sekitar Jembatan Comal padat. Semua kendaraan di sekitar jembatan tersebut tak bergerak sama sekali.

Menteri Pekerjaan Umum mengatakan, jika uji teknis ini menunjukkan hasil yang tidak baik, maka Jembatan Comal akan ditutup kembali.

Sebelumnya, untuk mencegah penumpukan kendaraan semakin parah, petugas mengarahkan kendaraan roda empat dan roda dua ke sejumlah jalur alternatif. Sayangnya, kondisi sejumlah jalur alternatif rusak, masih dalam perbaikan, dan minim penerangan jalan.

Jembatan Babakan di Kecamatan Ketanggungan dan Jembatan Talangponcong di Brebes, misalnya, rawan rusak jika beban kendaraan yang menumpuk terlalu berat. Sementara itu, ruas jalan di jalur Pekuncen-Legok-Pasiraman-Kalisasri-Cilongok saat ini masih dalam proses peninggian.

Beberapa jalur alternatif lain yang dapat dilalui dari Purwokerto arah Yogyakarta adalah Gunung Tugel-Banyumas-Kemranjen-Kebumen. Untuk menghindari kemacetan di jalur selatan Cilacap, pengendara dapat melintasi jalur Rawalo-Patikraja-Kalibagor-Banyumas-Buntu-Kebumen. Pemudik juga disarankan melalui jalur tengah Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara- Wonosobo-Temanggung-Bawen-Salatiga-Solo.

Pemudik yang melintasi jalur selatan dan sampai di Gombong, Kebumen, disarankan menghindari jalur utama Kebumen-Purworejo. Jalur alternatif yang dapat dilalui antara lain Rowokele-simpang tiga Sangkal Putung-Buayan-Kuwarasan-Jalan Lintas Selatan-Selatan (JLSS)-Purworejo atau melalui simpang tiga Guyangan ke selatan melalui Adimulyo-Petanahan-JLSS-Purworejo.

Pemudik dari arah Kroya menuju Yogyakarta dapat mengambil jalur alternatif melalui Nusawungu-Pantai Ayah-JLSS-Purworejo. Jalur ini melintasi perbukitan kapur yang curam dan menukik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com