Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Comal Ambles, Polisi Ubah Skema Pengamanan Jalur Mudik

Kompas.com - 21/07/2014, 19:05 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Semarang mengubah skema pengamanan jalur mudik dan balik Lebaran 2014 pascaamblesnya Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang.

Kekuatan petugas yang telah diplot untuk mengamankan jalur penghubung jalur tengah, yakni sepanjang Bawen hingga Jambu, akan ditambah. “Jembatan Comal rusak, ada peningkatan (jumlah) kendaraan yang melintasi Kabupaten Semarang. Kami tambah personelnya, masing-masing 10 personel mulai dari Jambu, dekat Polsek Jambu, Ambarawa hingga Bawen,” kata Kepala Polres Semarang AKBP Augustinus Berlianto Pangaribuan usai memimpin gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2014 di Alun-alun Bung Karno, Senin (21/7/2014) siang.

Ditambahkan Kasat Lantas AKP Alil Rinenggo, penambahan personel tersebut diharapkan mampu meminimalisasi potensi kemacetan, maupun kecelakaan lalulintas. Sebab, di sepanjang Ambarawa hingga Jambu jalannya sempit, menanjang dan banyak tikungan.

Sementara kawasan Bawen merupakan titik pertemuan kendaraan dari jalan tol, Semarang, Solo dan Yogyakarta. “Kami barikade jalur Ambarawa hingga Jambu dengan penempatan petugas dan rambu-rambu lalu lintas. Kami juga menyiapkan empat unit derek, untuk mengantisipasi kendaraan mogok, tak kuat menanjak di Jambu,” imbuh Alil.

Pengamanan "all out"
Kapolres juga menyatakan kesiapannya mengamankan perayaan Idul Fitri 1435 H. Seluruh kekuatan, baik personel dan sarana prasarana pendukung, akan dikerahkan guna menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berlebaran.

All out, sebanyak 995 personel kami siapkan untuk mengamankan perayaan Lebaran. Tidak hanya pengamanan jalur untuk kelancaran arus mudik dan balik, kami juga amankan obyek- obyek vital dan penting lainnya, baik secara stationer maupun mobile,” ungkap dia.

Menurut Pangaribuan, tidak ada yang berubah di pola pengamanan Lebaran tahun ini. Cara bertindak, upaya pencegahan dan skema pengaturan petugas secara umum masih sama dengan Operasi Ketupat Candi 2013 dan tahun-tahun sebelumnya.

Duapertiga kekuatan diplot ke lapangan dan sisanya stand by di Mapolres dalam posisi siaga. “Untuk pengamanan obyek vital seperti SPBU sudah kami sampaikan untuk dilakukan sendiri. Namun tetap dalam pengawasan kami, melalui petugas yang ada di polsek di mana SPBU itu berada. Nanti secara rutin petugas akan melakukan patroli,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com