Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Menang di 4 Kabupaten, Jokowi Keok di Jawa Barat

Kompas.com - 18/07/2014, 18:54 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Jawa Barat. Ini merupakan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 tingkat provinsi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat di Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/7/2014).

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan, pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan suara 14.167.381 atau 59,78 persen. Sementara itu, pasangan Jokowi-JK mendapat suara 9.530.315 atau 40,22 persen.

"Pasangan Prabowo-Hatta di Jawa Barat lebih unggul dari Jokowi-JK," kata Yayat di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/7/2014) sore.

Yayat mengatakan, tingkat partisipasi pemilih di Jabar mencapai 70,93 persen, setara dengan 23.990.089 pemilih dari jumlah daftar pemilih tetap di Jabar, yakni 33.821.378 jiwa. Total suara sah dari kedua pasangan tersebut ialah 23.697.696.

Pasangan Prabowo-Hatta menang di 22 kabupaten/kota di Jabar. Sementara itu, Jokowi-JK hanya unggul di empat kabupaten/kota di Jabar, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon.

"Prabowo menang di 22 kabupaten/kota di Jabar, sementara Jokowi hanya menang di empat kabupaten/kota di Jabar," kata Yayat.

Yayat mengatakan, pihaknya diberi waktu dua hari untuk menyelesaikan rekapitulasi suara Pilpres 2014 ini di tingkat provinsi. "Tapi, alhamdulillah, kita bisa selesaikan rekapitulasi suara ini dalam satu hari," kata dia.

Selain itu, kata Yayat, proses berjalannya rekapitulasi suara di Jabar berjalan dengan lancar. Masing-masing saksi dari dua pasangan calon menerima atas hasil rekapitulasi KPU.

Hasil rekapitulasi suara tingkat Jawa Barat ini, kata Yayat, akan dikirimkan ke KPU RI pada Sabtu (19/7/2014) besok dengan pengawalan ketat dari kepolisian dan TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com