Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Ungkap Kronologi Kebakaran Kings Bandung

Kompas.com - 24/06/2014, 15:06 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan kronologi kebakaran hebat yang melalap pusat perbelanjaan Kings di Jalan Kepatihan, Kota Bandung. Menurut Ridwan Kamil, sekitar pukul 04.00 WIB, dia bersama petugas pemadam kebakaran sempat mendatangi lokasi tersebut.

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, kebakaran dimulai dari lantai basement, Senin (23/6/2014) sekitar pukul 23.50 WIB.

"Sudah coba dipadamkan oleh satpam dengan kondisi setempat, tapi ternyata ketahuannya agak telat dan api sudah terlalu besar," kata Emil di Aula Barat Kampus ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Selasa (24/6/2014).

Karena api terlalu besar, lanjutnya, pemadam kebakaran kemudian meminta bantuan ke pihak Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Lanud Husein Sastranegara. Meski sudah mengerahkan banyak bantuan, api sangat sulit dipadamkan lantaran banyak kain tekstil yang terbakar.

Maklum saja, pusat perbelanjaan Kings terkenal sebagai pusat belanja bahan pakaian dan tekstil.

"Bangunan Kings itu kan 'gendut', diduga titik apinya di tengah sehingga dari ujung bangunan ke tengah itu gelap dan berasap pekat karena yang terbakar itu kain. Kalau kain yang terbakar itu asapnya hitam, bukan putih, dan berbahaya," tambahnya.

Selain meminta bantuan dari Pemadam Kebakaran di luar Kota Bandung, bantuan juga datang dari TNI dan polisi.

"Bantuan dari TNI dan Polri juga turun. Ada sekitar empat sampai lima truk karena banyak barang-barang yang harus diselamatkan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com