Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan di Sarkem Tak Pakai Kondom Didenda Rp 25.000

Kompas.com - 19/06/2014, 22:10 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengantisipasi penularan HIV/AIDS, warga di lokalisasi prostitusi Pasar Kembang (Sarkem) menetapkan sanksi denda Rp 25.000 bagi tamu yang tidak menggunakan kondom saat berkencan.

"Kita antisipasi penularan HIV/AIDS dengan mewajibkan memakai kondom," jelas Sarjono (63), Ketua RW 03, saat ditemui Kompas.com di Sosrowijayan Kulon, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Kamis (19/6/2014).

Namun, jika aturan itu dilanggar, kata Sarjono, maka pelanggan akan dikenai denda Rp 25.000. Besaran denda tersebut, menurut dia, sudah sesuai kesepakatan bersama antara warga, PSK, dan tamu.

"Dendanya Rp 25.000 bagi yang melanggar tidak menggunakan kondom," tandas Sarjono.

Menurut Sarjono, pengawasan soal pemakaian kondom langsung dilakukan oleh setiap pemilik losmen. Jadi, kata dia, setiap kali ada tamu yang masuk, terlebih dahulu harus mengambil kondom. Mereka yang tidak mengambil kondom bakal ketahuan oleh pemilik losmen dan akan dikenai denda.

"Kalau yang pria tidak, ya yang wanita menggunakan kondom," katanya.

Dia menyebutkan, saat ini ada sekitar 40 losmen yang ada di wilayah Sarkem. Pekerja seks komersial (PSK) yang ada di losmen itu kebanyakan berasal dari Jepara, Jawa Tengah, dan beberapa daerah di Jawa Barat. Total PSK yang mencari nafkah di Sarkem sebanyak 260 orang.

Seiring berjalannya waktu, kata Sarjono, pengunjung Sarkem sudah tidak seramai dahulu. Pengunjung hanya berjalan melewati lorong-lorong untuk melihat-lihat.

"Per tahunnya mbak-mbak (PSK) jumlahnya juga terus berkurang. Yang mudik kebanyakan tidak kembali lagi ke sini," pungkas Sarjono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com