Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Tawaran Beasiswa dan Kerja untuk Raeni, Putri Pengayuh Becak yang Jadi Wisudawati Terbaik

Kompas.com - 14/06/2014, 09:11 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah tawaran beasiswa dan pekerjaan terus mengalir ke Raeni (21), putri pengayuh becak yang menjadi wisudawati terbaik Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan IPK 3,96, termasuk tawaran beasiswa dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kalau beasiswa atau tawaran kerja itu kan menyangkut masa depan, jadi perlu dipikirkan matang dan berbagai pertimbangannya," ujar Kepala Humas Unnes, Sucipto Hadi Purnomo, Sabtu (14/6/2014).

Sejak muncul pemberitaan soal Raeni diantar sang ayah ke acara wisuda dengan becak yang menjadi sumber penghidupan keluarga mereka, Selasa (10/6/2014), Raeni juga masih terus menjadi pemberitaan di sejumlah media massa hingga akhir pekan ini.

Sucipto mengatakan saat ini ada tiga tawaran beasiswa yang sudah dipastikan didapat Raeni untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Tiga tawaran tersebut yakni beasiswa Presidential Schoolarship yang memberikan kesempatan Raeni memilih satu dari 50 perguruan tinggi terbaik di dunia, lalu Government Schoolarship untuk kuliah di luar 50 universitas terbaik tersebut, dan beasiswa Bidikmisi S2 dari pemerintah.

Unnes, kata Sucipto, akan menyiapkan sejumlah syarat yang diperlukan Raeni untuk melanjutkan pendidikannya itu. Sejumlah syarat tersebut antara lain sertifikat internasional dan rancangan riset ataupun persiapan untuk berbagai ujian masuk.

"Apa yang didapat Raeni saat ini tentu membanggakan, baik bagi Unnes maupun SD, SMP dan SMK tempatnya menimba ilmu dulu,"  kata Sucipto. Dengan prestasi Raeni yang gemilang, tambah dia, berbagai tawaran beasiswa ataupun pekerjaan tentu saja datang dengan sendirinya.

Sucipto berharap Raeni bisa mempertimbangkan dengan baik berbagai tawaran tersebut. Selain itu, kata dia, Unnes pun siap mengarahkan Raeni menjadi dosen sekaligus menerima beasiswa dari internal kampus itu, bila Raeni menghendaki. "Tapi semua keputusan kan ada di Raeni, kami hanya berharap keputusan itu tentunya yang terbaik."

Sebelumnya diberitakan, Raeni, putri bungsu pasangan Mugiyono dan Sujamah yang lulus dari Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Unnes ini berharap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dia pun berharap bisa mendapat beasiswa untuk sekolah di Inggris.

"Ini nyarinya beasiswa full dari sejak pendaftaran, karena kalau ke luar negeri kan pendaftarannya juga mahal, tapi ya InsyaAllah bisa, yang penting optimistis," tutur gadis asal Desa Langenharjo, Kabupaten Kendal Jawa Tengah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com