Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Kelulusan, Ratusan Siswa Jalan Kaki ke Tugu Yogya

Kompas.com - 20/05/2014, 14:36 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - 249 siswa SMU John De Britto Yogyakarta merayakan kelulusan dengan berjalan dari kompleks sekolah di Jalan Solo sampai ke Tugu Yogyakarta. Tradisi ini sudah dijalankan oleh para siswa De Britto setiap tahun, usai pengumuman kelulusan.

Usai pengumuman kelulusan, diawali dengan bendera Merah Putih dan Bendera John De Britto, 249 siswa pukul 12.15 Wib mulai berjalan menuju ke Tugu Yogyakarta.

Sesampainya di Tugu Yogyakarta, para siswa lantas berbaris berbanjar lalu mengabadikan momen kelulusan mereka bersama semua siswa dan para guru.  Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Mars John De Britto.

"Tradisi berjalan dari sekolah menuju Tugu Yogya ini sudah setiap tahun anak-anak lakukan sebagai ucapan syukur karena lulus," kata Wakil Kepala Sekolah John De Britto, Romo John SJ saat ditemui di Tugu Yogyakarta, Selasa ( 20/05/2014) siang.

John menuturkan, tugu dipilih sebagai lokasi ucapan syukur karena merupakan salah satu simbol Yogyakarta.

Sementara itu, salah satu siswa SMA John De Britto, Gilang mengatakan kegiatan berjalan dari komplek sekolah menuju Tugu Yogya merupakan bentuk ucapan syukur karena seluruh siswa SMA John De Britto 100 persen lulus.

"Perayaan dengan corat-coret atau konvoi itu sudah tidak model dan menganggu masyarakat. Pelajar seharusnya merayakan kelulusan dengan cara yang terpelajar pula," kata Gilang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com